Kelompok Minat Himasiltan IPB 2017

Kelompok Peminatan Hasil Hutan tahun periode sekarang lebih mengunggulkan tentang kajian umum yang tidak seharusnya dilupakan oleh sarjana kehutanan dan pengetahuan juga untuk masyarakat lingkup IPB. Kelompok peminatan kami pun akan melakukan kegiatan kegiatan yang berkolaborasi dengan kelompok peminatan lainnya seperti Kelompok Peminatan Teknologi Peningkatan Mutu Kayu, Kelompok Ekonomi Industri, kelompok peminatan Biokomposit dan Kelompok Peminatan Rekayasa dan Desain Bangunan Kayu.

himasiltan_kelompok minatBiokomposit

Kelompok minat Biokomposit merupakan salah satu dari lima Kelompok Minat pada Himpunan Mahasiswa Hasil Hutan Institut pertanian Bogor (Himasiltan IPB). Kelompok Minat biokomposit memfokuskan kegiatan dalam kajian keilmuan bidang bio komposit baik bahan baku, proses pembuatan, dan peningkatan kualitas produk-produknya.
Bahan baku mencakup seluruh bahan yang berlignoselulosa (kayu, rotan, bambu, kenaf, sisal, limbah pertanian dan perkebunan) serta perekat (sintetis dan bioadhesive) sedangkan proses pembuatan mencakup penguasaan ilmu dan pengembangan teknologi, metode, serta teknik dalam proses produksi perekat dan produk-produk bio komposit kayu lapis, papan partikel, papan serat, LVL, OSB, Glulam, In-organic bonded board, wood plastic composite, modifikasi kayu serta produk komposit lainnya.

(Lebih lengkapnya, klik disini)

Rekayasa Desain Bangunan Kayu

Divisi Rekayasa dan Desain Bangunan Kayu (RDBK) merupakan salah satu fasilitas yang dimiliki oleh departemen Teknologi Hasil Hutan Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor. Divisi RDBK sendiri terdiri atas tiga laboratorium yang biasa digunakan mahasiswa Departemen Teknologi Hasil Hutan dalam melakukan penelitian. Ketiga laboratorium itu yaitu; Laboratorium Fisik Pengujian dan Pemilahan Bahan, Laboratorium Fisik Proteksi Bangunan Kayu, dan Studio Design Struktur Kayu.

Dalam pelaksanaan pengajaran kuliah, divisi RDBK memiliki lima staff pengajar yang dikepalai oleh Prof. Dr. Ir. Sucahyo, MS. kemudian dibantu oleh staff pengajar lainnya yaitu Dr. Ir. Naresworo Nugroho, MS; Dr. Lina Karlinasari, S.Hut, MSc.F; Dr. Effendi Tri Bahtiar, S.Hut, MSi; Fengky Satria Yoresta, ST, MT. Mata kuliah yang di ampu oleh divisi RDBK diantaranya adalah mata kuliah Mekanika Kayu, Sifat Mekanis Kayu, Rekayasa Konstruksi Kayu, serta Bahan Konstruksi Kayu. Divisi RDBK selalu bekerja sama dengan divisi lain dalam hal pengembangan teknologi ataupun hal yang lain yang dapat menunjang prestasi Mahasiswa Departemen Teknologi hasil Hutan Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor

(Lebih lengkapnya, klik disini)

Kimia Hasil Hutan

Kelompok Peminatan Kimia Hasil Hutan adalah merupakan subdivisi dari divisi Peminatan pada Himpunan Profesi Mahasiswa Hasil Hutan (Himasiltan) Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor. Kelompok Peminatan ini membahas tentang potentsi pengembangan ilmu dan teknologi  untuk meningkatkan efisiensi pemanfaatan sumberdaya hutan melalui pemanfaatan hasil hutan berbasis kimiawi. Pemanfaatan hasil hutan berbasis kimiawi ini mengacu pada karakterisasi komponen kimia (selulosa, hemiselulosa, lignin, zat ekstraktif) hasil hutan sebagai bahan baku serat, energi biomassa, kimia bahan alami, obat, dll

(Lebih lengkapnya, klik disini)

Teknologi Peningkatan Mutu Kayu

Pengembangan ilmu dan teknologi peningkatan mutu hasil hutan melalui proses pemesinan, pengeringan, pengawetan dan pengerjaan akhir yang didukung oleh pengetahuan struktur anatomi dan sifat fisis. Staff pengajar yang ada di divisi teknologi peningkatan mutu kayu adalah Prof. Dr. Ir. Dodi Nandika, MS sebagai Kepala Divisi, Prof. Dr. Ir. Imam Wahyudi, MS, Prof.Dr. Ir. I Wayan Darmawan, M.Sc, Dr. Ir. Trisna Priadi, M.Eng.Sc, Arinana, S.Hut.M.Si, Dr. Istie Sekartining Rahayu, S.Hut. M.Si, dan Irsan Alipraja, S.Hut,M.Si.

(Lebih lengkapnya, klik disini)

Ekonomi Industri

Kelompok peminatan Ekonomi Industri merupakan subdivisi dari divisi Peminatan pada Himpunan Profesi Mahasiswa Hasil Hutan (Himasiltan) Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor. Kelompok Peminatan ini membahas tentang potensi ekonomi industri hasil hutan. Pengembangan ilmu, teknologi dan seni pemanfaatan hasil hutan mencakup bahan baku, proses pembuatan dan peningkatan kualitas produk-produk bio komposit; analisis faktor-faktor pembatas kegiatan produksi, integrasi, efisiensi dan optimasi industri hasil hutan. Dalam kelompok peminatan ini mahasiswa Hasil Hutan dapat menerapkan atau mengaplikasikan materi perkuliahan secara langsung dalam pembuatan proposal kunjungan industri hasil hutan untuk melakukan analisis terhadap potensi ekonomi industri tersebut.

Kelompok peminatan Ekonomi Industri mencakup kegiatan kunjungan industri hasil hutan minimal 1 kali dalam setahun dan berkolaborasi dengan kelompok peminatan lainnya seperti kelompok peminatan Teknologi Peningkatan Mutu Kayu, kelompok peminatan Kimia Hasil Hutan, kelompok peminatan Biokomposit dan kelompok peminatan Rekayasa dan Desain Bangunan Kayu. Hasil kunjungan industri ini akan dijadikan sebuah laporan ilmiah oleh Divisi Peminatan. Selain itu kelompok peminatan Ekonomi Industri juga melakukan tutorial matakuliah mengenai Ekonomi Industri, ikut andil dalam Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kegiatan tak terduga dan kondisional demi terwujudnya pengetahuan akan peminatan Ekonomi Industri dan keahlian mahasiswa Hasil Hutan akan peminatan ini dapat dilakukan sesuai dengan situasi, kondisi dan kesepakatan bersama

 

Semoga Kelompok Peminatan ini akan memberikan manfaat di lingkungan fahutan serta pembaca sekalian. Sekian perkenalan dari kami.

Share/Bookmark