Image_91c7357

Himasiltan Mengabdi 2016

Posted on Posted in Berita, Kampus

Himasiltan Mengabdi merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Hasil Hutan (Himasiltan) yang bergerak di bidang pengabdian masyarakat. Kegiatan ini meliputi acara-acara yang bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat desa mengenai pemanfaatan limbah kehutanan menjadi sesuatu yang bernilai guna yang tinggi serta dapat menjadikan masyarakat yang mandiri dan berwawasan teknologi. Kegiatan ini diisi dengan seminar mengenai materi pembuatan brikat arang diikuti dengan pelatihan pembuatan briket arang serta ditutup dengan motivasi.

Melalui program ini, adanya kesadaran masyarakat untuk terus memanfaatkan limbah kehutanan menjadi produk briket dan mulai mengurangi limbah pabrik. Melihat potensi sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan, sarana dan prasarana yang telah disediakan pada program ini, dan pengembangan sumber daya manusia dapat ditingkatkan dengan usia produktif cukup tinggi.

Acara dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 18 Mei 2014 bertempat di ruang pertemuan di kampung Tanjung Sari, desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Lokasi acara berjarak sekitar 100 km dari kampus IPB Dramaga. tema yang diangkat pada tahun ini ialah “Pemanfaatan Sekam Padi Sebagai Energi Alternatif (Biobriket)”.

Antusiasme warga setempat terhadap kegiatan Himasiltan Care sangat tinggi dilihat dari jumlah peserta yang hadir melebihi kuota. Kuota jumlah peserta sebelumnya yaitu 30 orang sedangkan yang hadir sebanyak 52 orang. Antusiasme juga terlihat dari keaktifan peserta dalam mengikuti penyampaian materi serta praktik pelatihan briket arang yang disampaikan oleh pembicara. Acara dibuka oleh perwakilan Kepala Desa Bapak dan Ketua Departemen Hasil Hutan Prof. Dr. Ir Fauzi Febrianto M. Sc. Materi mengenai proses pembuatan briket arang dan praktik pembuatannya diisi oleh kak Adi Setiadi S.Hut yang dibantu panitia.

Kesan masyarakat mengenai dilaksanakannya kegiatan ini yaitu umumnya mereka sangat senang dengan adanya kegiatan seperti Himasiltan Care ini. Mereka berharap kegiatan ini ada keberlanjutannya. Kemudian dilanjutkan dengan materi motivasi bisnis yang diisi oleh Muhammad Arifin atau kerap disapa kak ipin. Motivasi ini diberikan dengan tujuan untuk memotivasi masyarakat agar lebih semangat untuk menjadi orang yang lebih baik serta mendorong masyarakat untuk menjadi masyarakat yang mandiri dengan mengajak masyarakat mengembangkan kewirausahaan.

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *