Pelatihan Beriket Arang

Posted on Posted in KHH

Minggu ini kemaren kami Kelompok Minat Kimia Hasil Hutan diundang oleh PC Sylva IPB untuk mengadakan pelatihan pembuatan briket arang. Kegiatan pelatihan pembuatan briket arang dilaksanakan pada hari sabtu, 16 November 2013 di Laboratorium Kimia Hasil Hutan, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor yang diikuti oleh ± 20 peserta.

Dalam kegiatan ini, peserta diberitahu terlebih dahulu nih pengetahuan umum mengenai pembuatan briket arang dan pentingnya agar mereka semakin semangat mengikut pelatihan yang kami berikan ini. Dan benar setelah mereka mengetahui manfaat briket arang ini, mereka pun langsung pengen mengetahui cara membuatnya. Selanjutnya kami pun mengajak peserta turun langsung dalam proses pembuatan briket arang (agar mereka gag penasaran lagi :mrgreen:). Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan briket arang kali ini adalah arang dari sekam padi. Arang sekam padi dipilih karena keberadaannya yang cukup melimpah di daerah belakang kampus IPIB tepatnya didaerah dekat BMKG.

Pengarangan

Arang yang telah jadi tersebut kemudian disaring menggunakan saringan santan. Tujuan dari penyaringan ini untuk menyeragamkan ukuran sehingga ikatan yang  tejadi antar partikel serbuk lebih mudah dan kompak. setelah penyaringan, serbuk arang dicampur dengan perekat (2,5-5% berdasarkan berat arang) kemudian diaduk sampai rata dan diberi perekat Setelah itu dilakukan pengempaan. Pengempaan dilakukan menggunakan alat yang sederhana yaitu alay yang terbuat dari paralon dengan tujuan lebih mudah diterapkan dimasyarakat (applicable). Tahap akhir pembuat berikat arang ini yaitu pengeringan briket, pengeringan dengan menggunakan panas matahari.

Setelah briket kereng jeng jeng inilah hasilnya

 DSC_0686

Itulah cerita kami dalam memberi pelatihan beriket arang bekerjasama dengan PC Sylva IPB. Tunggu cerita kami yang lainnya :D.

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *