Kenapa Kami Berbeda

Posted on Posted in Akademik, Kampus

Kegiatan laboratorium THH, bisa dibilang, cukup unik dibandingkan kegiatan-kegiatan lab lainnya di Fahutan. Kalau departemen lain melakukan praktikum di lapang atau yang berkaitan dengan lapang – misal: Dendrologi yang menuntut mahasiswa mampu melakukan identifikasi pohon; ISDH yang membawa mahasiswa melakukan perhitungan inventarisasi di lapang; RAE yang membawa mahasiswanya jalan ke lapang dan daerah2 ekowisata – THH tidak demikian.

Kegiatan lab kami sebagian besar benar-benar indoor, dengan fokus pada kayu, produk kayu, dan hasil-hasil hutan non-kayu serta pengolahannya. Praktikum kami berisi kegiatan-kegiatan ‘bertenaga’ seperti menggergaji, memotong kayu, mengamati kayu di bawah mikroskop, membuat kayu lapis, hingga membuat furnitur kayu sederhana.

Tentu saja, kelihatannya pasti ga seseru departemen-departemen lainnya. Tapi itu memang perlu: kalau semuanya tumplek di hutannya, siapa yang bakal ngurus pengolahan hasil hutannya? Pengelolaan hutan harus dilakukan secara menyeluruh, dari hulu hingga hilir, oleh para ahlinya. Siapa ahlinya? Ya para Forester, kita-kita ini!

Nilai lebihnya, kami jadi lebih ahli mengolah kayu. Lumayan lho, potensi kewirausahaannya cukup besar! 😀

Jadi, yuk gabung! :mrgreen:

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *