HASIL HUTAN DENGAN KHASIAT ANTI KANKER

Posted on Posted in Akademik, Berita, Kampus, KHH, MINAT

Hai wooders.. Tau kan kemarin adalah hari kanker sedunia, kira kira apa saja ya hasil hutan yang dapat mengobati kanker? Yuk simak infonya

 

  1. Daun Sirsak

Sudah cukup banyak penelitian medis yang melaporkan bahwa daun sirsak (Annona muricata) memiliki sifat antikanker. Salah satu contohnya adalah penelitian  yang diterbitkan dalam American Journal of Cancer Prevention.Penelitian tersebut melaporkan bahwa kandungan zat annonaceous acetogenins yang terdapat dalam daun sirsak dapat menghambat perkembangan sel kanker.

 

The National Cancer Institute mulai melakukan riset ilmiah yang pertama pada tahun 1976. hasilnya membuktikan bahwa daun dan batang kayu Sirsak Graviola mampu menyerang dan menghancurkan sel-sel jahat kanker. Sayangnya hasil ini hanya untuk keperluan intern dan tidak di publikasikan.

 

Sejak 1976, Graviola telah terbukti sebagai pembunuh sel kanker yang luar biasa pada uji coba yang di lakukan leh 20 Laboratorium Independen yang berbeda.

Suatu studi yang di publikasikan oleh The Journal of Natural Products meyatakan bahwa studi yang dilakukan oleh Catholic University di korea selatan, menyebutkan bahwa salah satu unsur kimia yang terkandung di dalam Graviola, mampu memilih, membedakan dan membunuh sel kanker Usus Besar dengan 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan adriamicin dan Terapi Kemo.

 

Penemuan yang paling mencolok dari study Catholic University ini adalah Graviola bisa menyeleksi memilih dan membunuh hanya sel jahat kanker, sedangkan sel yang sehat tidak tersentuh ataupun terganggu. Graviola tidak seperti terapi kemo yang tidak bisa membedakan sel kanker dan sel sehat, maka sel-sel reproduksi (seperti lambung dan rambut) dibunuh habis oleh terapi kemo, sehingga timbul efek negatif seperti rasa mual dan rambut rontok.

 

Tak hanya itu. Berbagai penelitian lainnya juga menyebutkan bahwa daun sirsak mempunyai zat antiradang dan antibakteri. Kedua sifat ini dilaporkan dapat membantu meringankan efek samping kemoterapi dan pengobatan kanker lainnya.

 

  1. Taxus sumatrana

Pohon Taxus ini sebenarnya sudah ditemukan sejak beberapa tahun lalu, hanya saja

belum diketahui banyak orang, seberapa besar manfaatnya untuk mengobati berbagai jenis penyakit, terutama jenis penyakit kanker.

Sejak tahun 1990-an, Kelompok tanaman genus Taxus menjadi daya tarik tersendiri bagi peneliti. Diyakini bahwa semua bagian tanaman ini, baik daun, cabang, ranting maupun akarnya merupakan sumber Taxane atau paclitaxel yang dapat diekstraksi sebagai obat yang sangat mujarab untuk kemoterapi berbagai jenis kanker.

“Seiring dengan berkembangnya penelitian, paclitaxel menjadi obat anti kanker paling poluler dan paling dicari di dunia karena efek samping yang kecil, efektif, dan efisien dalam membunuh sel kanker. Paclitaxel ini kemudian dipasarkan dengan nama dagang Taxol® dan hak pemasaran dipegang oleh Bristol-Myers Squibb (BMS) mulai tahun 1991,”Kata Dr. Asep Hidayat, S.Hut., M.Agr, Peneliti Badan Litbang kehutanan.

Taxol® tersebut hanya dihasilkan dari genus Taxus, termasuk Taxus sumatrana. Dalam penelitiannya, Asep menemukan bahwa kulit batang T.sumatrana yang diambil dari Gunung Kerinci, Jambi-Sumatera mengadung 10-deacetylbaccatin III dan baccatin III. Kedua senyawa tersebut memperlihatkkan aktivitas biologi dalam melawan sel kanker.

“Senyawa 10-deacetylbaccatin III dan baccatin III memperlihatkan aktivitas antitumor dan anti kanker baik secara in vitro maupun in vivo. Kedua senyawa tersebut bisa diubah menjadi paclitaxel melalui prosedur empat langkah yang ditemukan oleh Holton,” kata Asep.

Robert A. Holton merupakan seorang peneliti post doctoral di Universitas Stanford pada bidang produk sintesis alami. Dia mampu mengubah senyawa bahan aktif antikanker yang tidak lengkap pada berbagai jenis Taxus menjadi paclitaxel  (Taxol®) yang dapat melawan kanker. Sejak saat itu, paclitaxel (Taxol®) mulai menjadi obat populer bagi para dokter dalam menangani pasien kanker, seperti payudara, ovarium serta paru-paru.

 

Sumber: http://nationalgeographic.co.id/berita/2017/11/daun-sirsak-obat-alami-penyakit-kanker

https://id.linkedin.com/pulse/obat-kanker-payudara-ampuh-asep-kuswandi

http://www.forda-mof.org/index.php/berita/post/2100

sirsak taxus

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *