HLBS

LAHAN BASAH DAN MANFAATNYA

Posted on Posted in Kampus

Apa itu Hari Lahan Basah Sedunia? Setiap tanggal 2 Februari diperingati sebagai hari Lahan Basah Sedunia, sebagai tindak lanjut telah disepakati dan ditandatanganinya suatu Konvensi Internasional (Perjanjian Internasional) tentang lahan basah, tepatnya tanggal 2 Februari 1971 di kota Ramsar, Iran. Konvensi tersebut kemudian kita kenal sebagai: Konvensi Ramsar.

Konvensi pada awalnya fokus pada masalah burung air termasuk burung air migran, lalu berkembang kepada konservasi ekosistem lahan basah termasuk keanekaragaman hayati di dalamnya. Bahkan saat ini lebih bermulti fokus menyangkut seluruh aspek kehidupan manusia. Melihat kenyataan tersebut, dapatlah disimpulkan bahwa lahan basah adalah penyangga kehidupan.

Lahan basah menurut Konvensi Ramsar merupakan definisi yang luas, yaitu ”Daerah-daerah rawa, payau, lahan gambut, dan perairan: alami atau buatan; tetap atau sementara; dengan air yang tergenang atau mengalir, tawar, payau atau asin; termasuk wilayah perairan laut yang kedalamannya tidak lebih dari enam meter pada waktu air surut”.

Indonesia masuk menjadi anggota Konvensi Ramsar pada tahun 1991 dengan diterbitkannya Keppres 48 th 1991 yang merupakan Ratifikasi Konvensi Ramsar di Indonesia. Pada tahun 1996, sebagai salah satu hasil pertemuan para anggota Konvensi Ramsar, ditetapkan bahwa tanggal 2 Februari adalah Hari Lahan Basah Sedunia.

Dari beberapa jenis tanaman di lahan basah, manfaat terbanyak biasanya yang diambil adalah kayunya yang dapat digunakan sebagai pertukangan, pembuatan chip, pembuatan briket arang maupun untuk bahan baku pembuatan bubur kertas, tanaman dari hutan mangrove juga dapat di gunakan sebagai beberapa produk olahan yang didapat dari penggunaan hasil bukan kayunya.
Manfaat beberapa spesies tumbuhan mangrove di Asia Tenggara, terutama yang berasal dari Indonesia dan Philipina (Soegiarto dan Pollunin, 1982 ; Jara, 1985)

sumber : https://indonesia.wetlands.org/id/acara/mangroves-ecosystems-in-indonesia-a-strategic-resource-for-a-local-sustainable-economy-and-adaptation-to-climate-change/

lh bshx

Share/Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *